Mitigasi Risiko Dalam Perdagangan Internasional

>Home >Publication >Bilingual / Indonesian Edition >Mitigasi Risiko Dalam Perdagangan Internasional

Publication Title : Mitigasi Risiko Dalam Perdagangan Internasional
Publication Number : 002 B
Price : Rp 300.000,-

About this title:

Risiko-risiko dalam perdagangan internasional merupakan hambatan utama yang tumbuh secara bersamaan dengan kegiatan perdagangan itu sendiri. Perdagangan internasional telah banyak memperdebatkan topik-topik risiko ini, termasuk para ekonom memiliki pendapat yang berbeda-beda berdasarkan keuntungan nyata di dalam perdagangan internasional.

Dalam memanage risiko yang berkaitan dengan kegiatan perdagangan baik lokal maupun yang berskala internasional, terlebih dahulu perlu mengkaji dan mengenal risiko-risiko yang akan dijumpai serta strategi yang tepat untuk meminimalisasi bahkan menghindar dari risiko-risiko yang sering dijumpai dalam kegiatan bisnis, dengan tujuan memperoleh hasil operasional secara optimal.

Faktor-faktor dan persyaratan utama yang harus diperhatikan dan dilibatkan di dalam suatu kegiatan bisnis perdagangan, adalah:

  1. Sales Contract
    Sales contract merupakan kesepakatan yang dilakukan oleh satu orang atau lebih yang mengikatkan dirinya kepada satu atau lebih orang lain.
  2. Shipping Terms
    Tempat, waktu dan metode pengiriman yang tertera di dalam dokumen yang dipersyaratkan dalam suatu letter of credit (documentary credit) yang diterbitkan merupakan persyaratan untuk dapat dilaksanakannya pembayaran terhadap barang dan/atau jasa yang dikehendaki oleh pihak buyer.
  3. Price
    Jelas, para pihak harus menyepakati harga atau metode untuk menentukan harga ketika batas waktu pembayaran yang ditentukan tiba.
  4. Quality
    Buyer/importer akan menentukan sifat dan kualitas barang dan seller/exporter harus memberikan jaminan terhadap kualitas barang yang dipesan
  5. Payment Terms
    Untuk mengamankan hak-hak serta kewajiban baik penjual maupun pembeli terhadap suatu transaksi dagang yang telah mereka sepakati, umumnya dituangkan dalam beberapa bentuk kesepakatan, yaitu:
    - Incoterms (International Commercial Terms)
    - Mekanisme dan metode pembayaran