Seminar "Islamic Trade Finance"

>Home >News >Seminar "Islamic Trade Finance"

GAMBARAN UMUM

Besarnya pasar pembiayaan perdagangan alias trade finance menjadi daya tarik tersendiri bagi perbankan syariah. Selain menggerakkan sektor riil, lini bisnis ini juga sesuai dengan prinsip syariah, yakni memiliki underlying asset yang nyata.

Trade finance dengan pola Syariah masih didominasi sektor jasa perdagangan dan komoditas. Oleh karenanya optimistis, pasar trade finance syariah masih bisa berkembang pada tingkat angka yang tinggi.

Bank syari'ah saat ini berkembang pesat, baik di Indonesia maupun internasional. Bank syariah memberikan alternatif baru bagi para pengguna jasa perbankan kepada nasabah menikmati produk dengan sistem bagi hasil, berbagai macam produk perjanjian yang terkandung di dalamnya, termasuk dalam kasus kontrak kemitraan, di mana bank Islam sebagai sebuah bisnis perusahaan berproduk Musyarakah mutanaqishah menggambarkan kegiatan dan lembaga yang menghasilkan layanan perbankan untuk aset kemitraan pembiayaan sesuai dengan kebutuhan pelanggan

Training ini diawali dengan pengantar tentang Islamic trade financing dan metode-metode pembayaran dalam transaksi perdagangan baik local maupun di level global. Dan diakhiri dengan pengenalan product-product trade financing dengan pola Syariah (ekspor dan impor), dalam bentuk presentasi dan diskusi.

MANFAAT

  1. Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai Islamic trade finance
  2. Mendapatkan pengetahuan mengenai Islamic Trade Finance yang berlaku dalam praktik bisnis di Indonesia dan Internasional.
  3. Mendapatkan pemahaman mengenai Islamic Trade Finance sebagai independent instrument (Ref. ICC Rules) dan accesoir instrument (Ref. Local Law).
  4. Mendapatkan informasi mengenai istilah – istilah di dalam Islamic Trade Finance.
  5. Mendapatkan pemahaman mengenai tata cara mitigasi resiko dalam kaitannya dengan Islamic Trade Finance.
  6. Mendapatkan contoh-contoh dan studi kasus yang aktual.

 

PESERTA

  1. Bank Konvensional & SyariahPejabat Bank yang terkait dengan transaksi trade finance, seperti: Trade Services Operation, Trade Products, Credit, Internal Legal, Risk Manager, Compliance Manager, dan pihak lain yang berkepentingan.
  2. Korporasi: Pejabat perusahaan yang terkait dengan transaksi trade finance, seperti: Purchasing (Ekspor & Impor),  Marketing, Finance, Internal Legal  dan pihak lain yang berkepentingan.
  3. Firma Hukum: Partner, accociate yang menangani permasalahan hukum transaksi trade finance.
  4. Perusahaan Asuransi dan Logistik: Pejabat perusahaan yang terkait dengan transaksi trade finance.
  5. Umum: Semua pihak yang ingin mengetahui Islamic Trade Finance

 

NARA SUMBER

Technical Advisor International Chamber of Commerce dan Praktisi perbankan yang berpengalaman dan bersertifikat internasional.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunduh proposal pada link berikut: /ISLAMIC-TRADE-FINANCE.pdf